Inilah Cara Mudah untuk Memperkuat Jaringan

Inilah Cara Mudah untuk Memperkuat Jaringan WiFi 100Mbps

WiFi 100Mbps adalah salah satu opsi kecepatan jaringan internet nirkabel yang diminati oleh kalangan masyarakat. Kecepatan yang menyentuh angka 100Mbps dirasa cepat dan stabil. Tetapi, pada beberapa masih belum terasa kenikmatan dari kecepatan 100Mbps tersebut. 

Lantas, apakah ada cara membuat WiFi jadi 100Mbps? Yuk, simak tips mudah untuk meningkatkan kecepatan jaringan internet nirkabel Anda pada artikel di bawah ini.

Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan WiFi 100Mbps

Nyatanya, masih banyak pengguna mengeluhkan kecepatan jaringan internet nirkabel yang dirasa tidak terlalu cepat atau bahkan tidak menyentuh angka 100Mbps. Jangan khawatir! Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk solusi meningkatkan kecepatan internet nirkabel pada perangkat Anda. 

1. Rutin Menghapus Cache

Pertama, untuk mempercepat jaringan internet nirkabel dapat dengan menghapus cache pada perangkat laptop atau smartphone. Cache yang menumpuk dapat mengakibatkan perangkat menjadi kesulitan untuk menangkap koneksi internet. Oleh sebab itu, rutin membersihkan cache dapat mempercepat jaringan WiFi Anda.

Baca Juga: Mbps Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Ceknya

2. Mematikan Update Windows

Jika Anda menggunakan Windows 10, mematikan update Windows otomatis merupakan cara mempercepat koneksi internet WiFi 100Mbps di Windows 10. Kegiatan update Windows secara otomatis dapat mengakibatkan jaringan internet lambat karena adanya kegiatan mengunggah data update.

Selain itu, sistem operasi Windows 10 secara default memiliki pengaturan pembagian bandwidth jaringan internet. Sebanyak 20% bandwidth digunakan untuk kegiatan Windows update, sedangkan 80% lainnya untuk kapasitas internet yang biasa Anda gunakan. 

3. Pilih Router yang Tepat

Cara ketiga untuk mempercepat jaringan internet nirkabel hingga 100Mbps adalah dengan menggunakan jenis router WiFi yang canggih. Router canggih dapat mengirimkan sinyal internet dengan cepat dan stabil sehingga terasa smooth sangat digunakan. 

4. Pilih Tempat Router untuk Mencapai Kecepatan WiFi 100Mbps

Setelah itu, Anda dapat menempatkan perangkat router pada tempat yang mudah menangkap sinyal. Tempat yang terbuka dan strategis dapat mempermudah perangkat untuk menangkap sinyal di sekitar sehingga kecepatan internet bisa lebih cepat dan stabil.

Baca Juga: 3 Cara Membatasi Kecepatan WiFi, 100% Worth It!

5. Sesuaikan Pengaturan Router

Router merupakan perangkat penting untuk penggunaan WiFi. Oleh sebab itu, Anda perlu secara rutin mengecek keadaan router mulai dari posisi antena perangkat hingga memperbarui firmware perangkat router. Penyesuaian terhadap router dapat meningkatkan performa perangkat dalam menangkap sinyal internet.

6. Gunakan Extender WiFi

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perangkat lain seperti extender WiFi untuk mempercepat penangkapan jaringan internet nirkabel. Perangkat tambahan satu ini sangat membantu untuk mempermudah penangkapan jaringan di beberapa area yang mengalami susah sinyal.

Extender WiFi dapat menambah jangkauan sinyal dan memperluas area cakupan jaringan internet nirkabel. Oleh sebab itu, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan extender WiFi yang canggih agar dapat mendorong performa WiFi 100Mbps. 

7. Jangan Membuka Terlalu Banyak Tab Browser

Cara lain untuk meningkatkan performa WiFi pada perangkat Anda adalah dengan meminimalisir penggunaan tab pada browser internet yang Anda gunakan. Tab yang terbuka akan memecah sinyal pada jaringan internet Anda ke beberapa situs yang sedang Anda kunjungi pada tab tersebut.

Baca Juga: Kecepatan Internet 10 Mbps untuk Berapa Orang?

Ingin Merasakan WiFi 100Mbps yang Cepat dan Stabil?

Penggunaan jaringan internet nirkabel sudah menjadi kebutuhan wajib bagi kalangan masyarakat. Faktanya, kecepatan WiFi sangat beragam dan tidak sedikit pengguna yang merasakan susah sinyal meskipun sudah menggunakan jaringan internet nirkabel.

Solusinya adalah dengan mengikuti tips untuk mempercepat WiFi 100Mbps pada perangkat Anda. Cara terpenting adalah dengan menggunakan perangkat tambahan seperti router dan extender. Selain itu, ada pilihan solusi lain yaitu dengan menggunakan jasa internet nirkabel dari Internetcepat.id

Internetcepat.id menyediakan beragam pilihan jaringan internet nirkabel yang bisa Anda gunakan disesuaikan dengan kebutuhan seperti Internet Dedicated. Opsi ini akan memberikan pengalaman terbaik dengan jaringan WiFi cepat dan stabil dengan bandwidth yang tidak terbagi. Yuk, segera berlangganan di Internetcepat.id!